3 Bahaya Karang Gigi yang Dibiarkan Tanpa Perawatan

Apakah Anda tahu apa saja bahaya karang gigi jika dibiarkan begitu saja tanpa adanya perawatan sama sekali? Karang gigi adalah plak yang mengeras (seperti karang di laut) dan tumbuh seiring berjalannya waktu.

Plak gigi sendiri merupakan kumpulan bakteri, sisa makanan, dan kotoran yang menempel di gigi. Bentuknya lembek dan lengket, memiliki aroma bau menyengat, serta berwarna putih kekuningan.

Jika plak tersebut tidak Anda bersihkan (misalnya dengan menggosok gigi secara rutin), maka lambat laun akan memicu dan tumbuh menjadi plak yang mengeras (karang gigi). Lantas, bagaimana jika plak sudah menjadi karang gigi? Apakah bisa menghilangkannya?

Bahaya Karang Gigi dan Cara Mengatasinya

Hanya karang gigi toh tidak memberi dampak apa-apa. Jangan meremehkan masalah gigi dan mulut, sebab karang gigi pun dapat memicu berbagai penyakit berbahaya dan mematikan. Berikut ini beberapa bahaya yang timbul karena memiliki karang gigi menumpuk.

1. Anda Membuat Rumah yang Nyaman untuk Bakteri Tinggal

Karang gigi yang terbentuk dari plak mengeras, menjadi tempat yang nyaman untuk bakteri tinggal. Apalagi jika karang gigi tumbuhnya di garis gusi, memiliki kemungkinan besar menyebabkan kerusakan, iritasi, peradangan, dan memicu penyakit yang lebih serius berkaitan dengan gigi dan mulut.

2. Menyebabkan Penyakit Periodontitis (Komplikasi Serius)

Setelah radang gusi (gingivitis) terjadi, maka dapat merembet ke penyakit komplikasi serius periodontitis. Penyakit periodontitis merupakan infeksi fatal di gusi sampai celah antara gusi dan gigi mengeluarkan nanah. Dampaknya? Merusak gigi, jaringan lunak gusi, sampai merusak tulang penyangga gigi.

Anda pernah merasakan sakit gigi? Kalau sudah tersiksa dengan masalah sakit gigi, sebaiknya jangan sampai sekalipun merasakan infeksi periodontitis ini.

3. Memicu Penyakit Mematikan

Hanya karang gigi, ternyata mampu memicu penyakit mematikan di dunia, penyakit jantung dan stroke. Di mana bakteri terkumpul dari rumah yang Anda sediakan di gigi, setelah terjadi infeksi akan masuk lebih dalam ke aliran darah.

Bakteri dan mikroorganisme yang masuk ke aliran darah mengakibatkan peradangan sampai penyumbatan. Pada akhirnya, Anda dapat memperkirakan dampak paling buruknya sendiri.

Lantas, bagaimana dan kapan untuk pergi ke spesialis gigi? Jika Anda memiliki karang gigi, dan untungnya belum merembet menjadi infeksi, sekarang ada waktu paling tepat.

Kabar baiknya Klinik Gigi Get Dentist sudah ada cabang di Jakarta, Banten, dan Surabaya. Anda dapat chat terlebih dahulu untuk mengetahui apa kebutuhan Anda melalui link kontak yang tersedia di situs kami. Jangan sampai masalah kecil berubah menjadi bahaya karang gigi yang fatal untuk kesehatan!