Cara Mengobati Gusi Bengkak

Diperbarui: 7 Okt 2022

Gusi bengkak atau bisa juga disebut gingivitis adalah suatu bentuk penyakit gusi yang menyebabkan gusi meradang. Gingivitis ditandai dengan warna kemerahan pada gusi, berdarah saat sikat gigi dan menimbulkan ketidaknyaman pada mulut, Gingivitis dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan dan tulang sekitar gigi jika diabaikan.

Kondisi perjalanan Gingivitis biasanya diawali oleh pertumbuhan karang gigi yang terabaikan serta buruknya kebersihan mulut seseorang, gingivitis yang dibiarkan akan menjalar menjadi periodontitis.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya gingivitis adalah :

* Penumpukan plak pada gigi akibat tidak rajin menggosok gigi

* Kebiasaan buruk seperti merokok,

* Infeksi virus, jamur, atau bakteri yang menyebabkan peradangan pada gusi

* Kehamilan

* Kekurangan vitamin C

* Penggunaan obat-obatan, seperti obat antiepilepsi, kortikosteroid dan lainnya.

Keluhan gusi bengkak yang masih ringan biasanya dapat ditangani dengan meningkatkan kebersihan mulut. Adapun cara yang terbaik adalah dengan rutin kontrol ke dokter gigi 6 bulan sekali untuk dilakukan pembersihan karang gigi

Oleh karena itu, bila Anda mengalami gingivitis yang bergejala seperti suka berdarah saat sikat gigi / ngilu saat makan maka segera periksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Yuk kesehatan gigi kamu di Klinik Gigi Get Dentist!

Penulis: Drg. Norman Tri Kusumo Indro, Sp.Perio