top of page
logo get dentist.png

Mau Tambal Gigi? Ini Yang Perlu Anda Ketahui!

Diperbarui: 7 Okt 2022

Tahu kah kamu gigi yang berlubang dapat berpengaruh terhadap kesehatan mulut secara menyeluruh. Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut akibat sering mengonsumsi makanan manis dan tidak menjaga kebersihan mulut.


Tambal gigi adalah perawatan yang dilakukan untuk memperbaiki gigi yang rusak oleh karena faktor tertentu . Prosedur ini dilakukan dengan memasukkan bahan tambalan ke bagian gigi yang sudah dilakukan pembersihan pada area gigi atau berlubang. Penambalan gigi akan mengembalikan bentuk dan kondisi gigi seperti semula. Alhasil, gigi dapat bekerja dan berfungsi secara normal. Namun sebaliknya, jika gigi yang rusak atau berlubang tidak segera ditambal. Maka bisa menyebabkan kerusakan dan lubang yang semakin parah. Jika kerusakan sudah parah, maka Anda diharuskan untuk melakukan pencabutan gigi.


Perawatan menambal gigi biasanya dilakukan dalam satu kali kunjungan ke dokter. Umumnya lubang gigi yang belum mengenai syaraf merupakan indikasi dari penambalan gigi satu kunjungan, akan tetapi pada kasus tertentu tambal gigi tidak dapat dilakukan karena dapat menyebabkan rasa sakit. Hal ini terjadi jika kondisi status gigi sudah berlubang mengenai syaraf gigi, sehingga sakit hebat hingga berdenyut. Tambal gigi merupakan perawatan yang aman dan tidak menimbulkan dampak buruk pada gigi. Hanya saja, setelah melakukan tambal gigi. Dokter akan menghimbau Anda untuk menghindari mengunyah makanan pada area gigi yang baru ditambal selama kurang lebih 24 jam.


Jenis tambalan gigi yang paling sering digunakan pada klinik utama getdentist yaitu jenis penambalan komposit, Komposit resin merupakan bahan untuk menambal gigi yang terbuat dari partikel plastik dan kaca halus. Proses penambalan menggunakan komposit resin dilakukan dengan sinar cahaya biru. Sinar biru yang dipancarkan berfungsi untuk menciptakan efek monomerisasi sehingga mengeraskan partikel komposit resin pada gigi. Penggunaan komposit resin memiliki kelebihan materialnya yang kuat dan sangat adaptif . Selain itu, warna komposit resin akan menyatu dengan warna gigi asli sehingga tampak asli akan tetapi penambalan dengan komposit ini memerlukan ketrampilan dari seorang dokter gigi.

Maka dari itu jangan takut ke dokter gigi ya,


Yuk buat janji dengan dokter gigi di Get Dentist yang telah menangani berbagai kasus tambal gigi.



Penulis: tim Dokter Gigi Get Dentist




0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Bình luận

Đã xếp hạng 0/5 sao.
Chưa có xếp hạng

Thêm điểm xếp hạng
bottom of page